Tugas 2 Pengertian Dan Contoh Dari Sistem Berikut

Tugas 4 Individu

Tugas 5 Individu

Handheld

Pengertian Dan Contoh Handheld

Sistem Handheld

Sekitar tahun 1990-an dikembangkan sistem yang lebih kecil dari mikrokompuer yang disebut dengan sistem handheld dalam bentuk personal digital assistants (PDA). Handheld computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga dapat digenggam. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki keyboard dan layar yang kecil. Sistem operasi yang populer belakngan ini seperti Symbian, Windows Mobile, Palm OS, Android, Blackberry OS, Iphone OS (iOS). 

  • PENDAHULUAN 

Sistem handheld adalah sebuah komputer yang mudah dapat disimpan di saku (dari ukuran yang cukup) dan digunakan saat Anda sedang me-megangnya. Komputer genggam saat ini, yang juga disebut personal digital assistant (PDA), dapat dibagi menjadi mereka yang menerima tulisan tangan sebagai masukan dan mereka dengan keyboard kecil. Handheld asli yang diterima tulisan tangan adalah Apple Newton, yang kemudian ditarik dari pasar. Hari ini, handheld paling populer yang menerima input tulisan tangan adalah PalmPilot dari 3Com. Philips, Casio, NEC, Compaq, dan perusahaan lain membuat handheld dengan keyboard kecil.

Windows CE dan EPOC adalah dua sistem operasi yang paling banyak digunakan dalam komputer genggam. Komputer genggam biasanya di-gunakan manajer informasi pribadi (PIM) jenis aplikasi: mempertahankan jadwal, menjaga nama dan nomor telepon, melakukan perhitungan sederhana, mencatat, dan, dengan modem, saling berkirim e-mail dan mendapatkan informasi dari Web. Keyboard memiliki kunci kecil yang mengambil membiasakan diri. Mereka yang menangani tulisan tangan juga memberlakukan kendala dan me-merlukan beberapa pembelajaran. Namun demikian, kelas ini komputer banyak dijual dan dihargai oleh banyak pengguna. 

  • PEMBAHASAN 

a) PDA (Personal Digital Assistants) 

Personal Digital Assistants disingkat PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian ber-tambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain dari itu dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh. 

b) Symbian OS 

Symbian bisa dibilang sebagai sistem operasi paling populer di dunia mengingat jumlah peng-gunanya mencapai lebih dari 50% dari pengguna smartphone. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Symbian, Ltd.–yang merupakan kolaborasi vendor ponsel Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion–dan memang dikhususkan sebagai mobile operating system. Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa C++. Awalnya sistem operasi ini merupakan OS yang close source, namun dalam perkembangannya, sistem operasi ini berubah menjadi open source dan memungkinkan banyak pihak untuk mengembangkan aplikasi yang bisa dioperasikan di ponsel ber-OS symbian. Versi stabil terbaru dari Symbian OS adalah Symbian OS 9.5 dan versi tak-stabil terbarunya adalah Symbian^2 platform / Q3 yang dirilis pada tahun 2009. 
Dalam perkembangannya Symbian OS memiliki beberapa versi, yaitu : 
• Symbian OS 6.0 dan 6.1. contohnya adalah Nokia 9210 Communicator. 
• Symbian OS 7.0 dan 7.0s. Pada versi ini muncul berbagai versi user interface seperti UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A925), Series 60 (Nokia 7650, 3230, 6260, 6600, 6670, 7610, N-Gage, N-Gage QD), Series 80 (Nokia 9210, 9300, 9500), series 90 (Nokia 7710), dan MOAP–Mobile Oriented Application Platform (Contohnya ponsel NTT DoComo). Symbian OS 7.0s adalah versi 7.0 yang diadaptasi agar memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan versi 6.x. 
• Symbian OS 8.0 dan 8.1. Contohnya adalah Nokia N91. 
• Symbian OS 9. Digunakan untuk keperluan internal Symbian. 
• Symbian OS 9.1. Termasuk ponsel Nokia seri S60 3rd edition dan beberapa tipe Sony Ericsson seperti M600 dan P990. 
• Symbian OS 9.2. Contohnya Nokia E90, Nokia N95, Nokia N82, dan Nokia 5700. 
• Symbian OS 9.3. Misalnya Nokia E72, E75, E79, dan N96. 
• Symbian OS 9.4. Contohnya Samsung OMNIA HD, Nokia N97, Nokia 5800 XpressMusic, Sony Ericsson Satio, dan ponsel S60 5th edition lainnya.. 
Sistem operasi Symbian juga rentan terhadap ancaman sekuriti berupa virus. Contoh virus yang sering menyerang ponsel ber-OS Symbian adalah Cabir, yang me-ngirimkan dirinya dari ponsel ke ponsel lain via bluetooth. 

c) Windows Mobile 

Windows mobile adalah versi mobile dari sistem operasi PC paling populer, Windows, keluaran Microsoft. Sistem operasi ini didesain khusus agar bisa berjalan pada smartphone dan perangkat mobile. Sistem operasi yang awalnya dirilis dengan nama Pocket PC 2000 ini hampir semuanya dilengkapi stylus pen yang digunakan sebagai ‘mouse’ pada layar ponsel. OS ini sudah berkali-kali di-update versinya dengan versi terbarunya saat ini adalah Windows Mobile 6.5 yang dirilis 5 Oktober 2009. Ke depannya akan dirilis Windows Mobile 7.0 yang akan keluar sekitar pertengahan 2010. User interface dari perangkat Windows Mobile menyerupai Windows pada PC, namun sayangnya, seperti halnya Windows pada PC, sistem operasi ini bersifat close source sehingga agak menyulitkan pihak ketiga untuk menyediakan aplikasi yang mendukung. 
Versi-versi yang telah dirilis meliputi: 
• Pocket PC 2000 
• Pocket PC 2002 
• Windows Mobile 2003 yang memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition. 
• Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE). 
• Windows Mobile 5 
• Windows Mobile 6 yang memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio. 
Contoh dari perangkat yang memiliki sistem operasi ini antara lain Audiovox SMT 5600, iMate SP3i, Samsung SCH-i600, Mio 8390, Sagem myS-7, Orange SPV C500, HP iPAQ rw6100, Motorola MPx220, O2 Xphone, dan O2 Xphone II. UPDATE 08-02-2011: Saat ini versi terbaru dari Windows Mobile adalah Windows Phone 7. 

d) Palm OS 

Palm OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc. yang awalnya dikhususkan sebagai sistem operasi untuk PDA. Namun dalam perkembangannya, Palm OS juga dibuat untuk smartphone. Sistem operasi ini didesain untuk kemudahan penggunaan dengan GUI (Graphical User Interface) berbasis touchscreen. Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa pemrograman C/C++ dan bersifat close source. Contoh perangkat yang meng-gunakan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680. Smartphone ini menggunakan system operasi Palm OS 5.4.9. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go. 

e) Android 

Android adalah sistem operasi mobile yang berjalan pada kernel Linux, yang dirilis pada 21 Oktober 2008. Awalnya, sistem operasi ini dikembangkan oleh Android, Inc, yang kemudian dibeli oleh Google, dan yang terakhir, sistem operasi ini dibeli oleh Open Handset Alliance, sebuah consortium dari 47 perusahaan hardware, software, dan telecom (termasuk Google) yang didirikan untuk membuat open standard bagi perangkat lunak mobile. Sistem operasi ini bersifat free dan open source. Perangkat mobile yang mendukung sistem operasi ini di antaranya adalah HTC Dream dan HTC Magic, ponsel keluaran vendor asal Taiwan, HTC. 

f) Blackberry OS 

Blackberry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Kanada, Research in Motion (RIM) yang dibuat untuk handheld andalan mereka dengan nama yang sama. Sistem operasi ini ditulis dalam bahasa Java dan bersifat Close Source. Versi stabil terakhir yang dikeluarkan adalah versi 5.0.0.419 (Blackberry Storm 9530). Perangkat yang menggunakan Blackberry OS sebagai sistem operasi tentu saja adalah semua varian Blackberry seperti Blackberry Bold, Storm, Curve, Pearl, dan Tour.

g) Iphone OS (iOS). 

iPhone OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple, Inc. yang dibuat untuk produk mereka yaitu iPhone dan iPod Touch. Sistem operasi ini termasuk dalam keluarga Mac OS X / Unix-like operating system. Walaupun sistem operasinya bersifat close source, namun komponennya bersifat open source sehingga memudahkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan pada sistem operasi ini. 
User interface pada sistem operasi ini menggunakan konsep manipulasi langsung pada layar handheld dengan menggunakan multi-touch gesture. Kontrol pada interfacenya meliputi slider, swith, dan tombol. Aplikasi-aplikasi yang disertakan dalam sistem operasi ini meliputi Messaging, Calendar, Photos, Camera, Youtube, Google Maps, iPhone, Safari, dan beberapa aplikasi standar lainnya.

C. KESIMPULAN 

Kesimpulan dari pembahasan diatas yaitu sistem operasi handheld adalah salah satu perkembangan dari system operasi yang diperuntukan untuk personal atau perorangan saja. Maksud dari personal disini adalah user yang menggunakan atau penggunanya hanya dapat menggunakan sebagian kecil dari system operasi yang terdapat pada komputer. Dikarenakan system ini memang memiliki spesifikasi yang rendah dibanding system operasi computer pada umumnya. Namun system ini juga memiliki kelebihan yaitu ukurannya yang kecil mudah dibawa kemana – mana dan dimana saja kita dapat melakukan kerja dengan piranti ini. Ukuran kecil dan ringan, piranti ini jelas menjadi penopang mobilitas kerja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Operasi Windows

Life Cycle Software

Thread